Wakil Rektor 1 IAIN SAS Babel Gelar Silaturahim Penggalangan Donasi (infaq) bersama Kapolda dan Ketua MUI Bangka Belitung

 


PRIMETIME JI, Bangka (Rabu,2/12/2020) – Wakil Rektor 1 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag yang juga merupakan Direktur Madania Center, menggelar silaturahmi dan penggalangan donasi (infaq) dalam rangka percepatan pembangunan gedung sekretariat, perpustakaan dan Masjid Madanian Center Bangka Belitung. Acara ini berlangsung di Desa Kace RT 001/RW 001 Kace, Mendo Barat dengan telah mentaati protokol kesehatan demi menjaga keamanan terhadap covid-19.

Silaturahmi dan penggalangan donasi Madania center di hadiri oleh Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung/ketua MUI Bangka Belitung serta Kapolda Bangka Belitung, Irjen (Pol) Drs. Anang Syarif Hidayat yang di dampingi oleh Kabid Humas, Kombes (Pol) A. Maladi,  dan Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan. Selain itu turut hadir juga tamu undangan yang berasal dari unsur penulis buku di Bangka Belitung, Donatur dan simpatisan.

Rusydi Sulaiman menjelaskan bahwa ide awal mengenai pembangunan Gedung sekretariat, perpustakaan dan masjid Madaniya Center, berawal di Jawa Timur pada tahun 2004 namun karena beberapa faktor yang salah satunya adalah perpindahan tugas atau dinas. Hingga ketika pindah mutasi ke Pangkal Pinang pada bulan Januari 2011 dari STAIN Bengkulu ke Bangka Belitung barulah dimulai proses pendirian kelembagaan. Tahun 2012 Madania Center telah resmi berdiri dengan nomor aktenotaris tertentu. Tujuan Madania Center adalah menjadi pusat studi agama yang bisa meningkatkan peradaban islam di Bangka. “Jadi lembaga ini bergerak dibidang kajian keagamaan, khususnya yang utama kajian keislaman. Mulai dari Qulumul Qur’an, kemudian pembelajaran bahasa arab, Literasi Arab Melayu, Kajian Sejarah Peradaban Islam, Kajian Tafsir, Kajian Fiqih” ungkap Direktur Madania Center.

Sruktur pengurus Madania Center ialah di pegang seorang Direktur, Wakil direktur, Bendahara, Sekretaris, dengan beberapa divisi seperti : divisi penerbitan dan publikasi ilmiah, divisi dakwah dan pengabdian masyarakat, divisi pelatihan dan pendidikan, serta divisi bidang ekonomi dan kewirausahaan.

Terkait inisiatif menggelar acara ini adalah atas inisiatif kapolda, ungkap Direktur Madania Center. “Kapolda ingin agar diadakan kegiatan donasi, sebenarnya tidak ada pencarian dana. Tetapi, kapolda ingin silaturrahim sekaligus melihat langsung pembagunan Madania Center. Maka, diadakan acara Silaturrahmi Pengalangan Donasi (infaq) Madania Center”, tegas Rusydi Sulaiman.

Pada acara ini juga dilaksanakan pembagian buku untuk para tamu yang hadir dengan bermacam-macam judul buku yang telah disediakan. Tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat atau sosialisasi bahwa "di Kace Darussalam ada pusat Study agama yang bergerak dibidang kajian keagamaan, yang bisa meningkatkan keperadaban islam di Bangka. Melalui, beberapa kegiatan diantaranya literasi dengan hal-hal yang lain" Ungkap Rusydi Sulaiman.

Kapolres Bangka disela acara mengungkapkan dukungannya terkait pembangunan Madania Center di Kace, Mendo Barat-Bangka. “Semoga masyarakat sekitar bisa menerima dengan baik, dan ketika nanti ada salah satu warga kita pengen belajar lebih dalam, bisa bersosialisi ke Madania Center” ungkap Widi Haryawan.  Selain itu pihak kapolsek juga sangat mendukung sesuai dengan diskusi bersama kapolda bahwa Madania Center akan selalu di kawal jika ada masalah, dan serta siap berkolaborasi dalam berbagai kegiatan dengan pengelola.

Pada kesempatan ini, Rusydi Sulaiman juga mengungkapkan bahwa akan dilakukan revitalisasi menyeluruh keberadaan Madania Center. Tujuannya ialah meyakinkan masyarakat bahwa islam itu luas perlu kajian mendalam maka disitulah kemudian Madania Center menjadi representasi masyarakat Bangka Belitung yang berdiri tegak untuk melakukan penguatan. Olehkarena itu peran para donatur yang sudah menyumbang, sangat berarti. “Selain beramal dalam hasil penerbitan-penerbitan harapannya juga agar menggugah mereka punya girah untuk membaca” Ungkapnya.


 

I   Reporter : Lisa, Sunatri   I   Editor : Rafles Abdi Kusuma  I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halo Sahabat Jurnalistik.
Terima kasih atas komentar dan pesan yang kamu sampaikan.
Butuh info lengkap, hubungi ke email: sas.jurnalistikislam@gmail.com